Tentang

ARS LONGA VITA BREVIS

–SENI TAN WINATES, GESANG MENIKA RINGKES-

GELAR BUDAYA DALAM RANGKA HUT KE-55

GEREJA KATOLIK SANTA PERAWAN MARIA DI FATIMA SRAGEN TAHUN 2012

LATAR BELAKANG

Kehidupan menggereja tidak bisa dilepaskan dari karya seni. Dalam konteks sejarah Kristiani, bidang seni mendapat tempat yang sangat istimewa untuk menopang liturgi serta keindahan arsitektur Gereja. Mulai dari seni musik, tarik suara (koor), lukis, seni peran hingga bangunan Gereja memiliki cita rasa kesenian yang tinggi. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa karya seni memberi pengaruh penting bagi kehidupan spiritual dan emosial manusia dari hari ke hari.

Banyak orang yang beranggapan bahwa keindahan karya-karya seni merupakan buah dari kedalaman kehidupan spiritual orang tersebut. Para pelaku seni (para seniman dan pemerhati karya seni) memiliki bahasa tersendiri untuk mengungkapkan cinta dan kedekatan terhadap Tuhan melalui keindahan dalam setiap karya-karya mereka. Secara terungkap maupun tersirat tiap karya seni dapat membantu sesorang untuk menemukan kebenaran spiritual dan emosial dari sudut pandang yang berbeda dengan bahasa lisan dan pengajaran langsung.

Terhitung mulai tanggal 11 Oktober 2012 hingga 24 November 2013, Paus Benediktus XVI mencanangkan adanya Tahun Iman. Pada kesempatan kali ini Bapa Suci, mengajak umat beriman Kristiani untuk semakin memperdalam iman, menemukan kembali kegairahan untuk menghidupi serta mengkomunikasikan iman Kristiani melalui peran dan kharisma masing-masing dalam kehidupan secara nyata. Bapa Suci pun menggandeng para seniman untuk berani mewujud-nyatakan dan mengkomunikasikan hidup beriman melalui keindahan-keindahan dalam karya seni yang memancarkan kedalaman hidup spiritualitas dan iman seseorang.

Dalam rangka ucapan syukur hari Paroki Santa Perawan Maria di Fatima yang ke-55 dan mengingat bahwa masyarakat Sragen (secara khusus umat Paroki Santa Perawan Maria di Fatima) menghidupi kesenian yang begitu beragam dalam masyarakat, kami mencoba mengadakan acara untuk mewadahi kerinduan untuk mengaktualisasikan karya seni dan merefleksikannya dalam kaca mata iman. Selain itu, kita pun pada tanggal 2 Desember 2012, kita pun memulai tahun liturgi yang baru. Harapannya, dengan semangat baru, kita dapat semakin mengguyubkan persaudaraan antar umat.

 NAMA KEGIATAN

Gelar Budaya dalam Rangka Ulang Tahun ke-55 Paroki Sragen .

TEMA

Ars Longa Vita Brevis –Seni Tan Winates, Gesang Menika Ringkes-

WAKTU/ TEMPAT

Sepekan mulai 1 s.d. 8, Desember 2012/ Wilayah Gereja St. Maria di Fatima Sragen dan aula SMP Saverius.

BENTUK KEGIATAN

  1. Pentas seni dari masing-masing wilayah Paroki Sragen.
  2. Lelang dan Pameran Lukisan untuk pembangunan Gua Maria dan Taman Doa St. Perawan Maria di Fatima Ngrawoh.Penjualan Souvenir untuk  Pembangunan Gua Maria dan Taman Doa St. Perawan Maria di Fatima Ngrawoh.

VISI

Menjadikan karya seni sebagai bahasa iman untuk menampilkan keindahan ciptaan serta kedekatan dengan Tuhan.

MISI

  1. Menjadi sarana untuk mengkomunikasikan iman dan membantu umat untuk merefleksikan iman melalui karya seni.
  2. Memberikan kesempatan bagi para seniman untuk mengaktualisasikan diri.
  3. Menjadikan moment malam budaya sebagai wujud penghargaan serta ekspresi kemanusiaan yang tertuang dalam seni dan budaya.
  4. Menumbuhkan rasa persaudaraan antar umat lintas agama.
  5. Menggalang dana untuk pembangunan Gua Maria dan Taman Doa Maria di Fatima Ngrawoh
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s